[ABOUT] mIRC

Jumat, 12 Desember 2008

[ABOUT] mIRC

mIRC merupakan perangkat lunak berbayar untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang beroperasi di sistem operasi Windows. mIRC diciptakan tahun 1995 oleh Khaled Mardam-Bey, berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC di seluruh dunia. Perangkat lunak ini memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting, terbukti setelah perangkat lunak ini diunduh sebanyak 9.129.578 kali dari CNET pada Oktober 2007. Nielsen-Net memasukan mIRC ke dalam daftar "10 aplikasi internet terbaik" tahun 2003.

Dengan tersedianya skrip, para pengguna bisa mengatur cara bekerja mIRC sebebas-bebasnya. Huruf 'm' dalam singkatan mIRC belum diketahui pasti, tetapi dalam FAQ (pertanyaan yang sering ditanyakan) dalam forum mIRC, pihak mIRC mengatakan 'm' adalah singkatan dari "Moo".
Adapun sedikit fitur dari mIRC adalah:

    Adanya skrip yang dapat membuat mIRC dapat diatur sebebas-bebasnya.
    Dapat menyimpan data log percakapan di channel dan query.
    Pilihan format tulisan, seperti warna, teks tebal, dan sebagainya.
    Tampilan GUI yang mudah untuk pengguna.
    Tema dan tampilan yang dapat diganti.
    Mengirim file melalui protokol DCC.

itu dari wikipedia.. sementara banyak orang lain mengatakan mIRC adalah sebuah perangkat untuk menuju kehidupan di sebuah jaringan :) itu termasuk saya, jaringan apa? jaringan terserah wwkwkw..
Untuk cara penggunaan mIRC anda bisa melihat di sini.
Anda juga bisa menambah² scripts loh pada mirc ini yang berextensi .mrc ataupun aliase :)
Anda bisa membaca tulisan saya di blog saya atau di #ciut channel blog untuk menambah² scripts ;)
Sekarang mIRC juga ada versi mobile :) tapi bukan rilisan dari mIRC sendiri, namun dari bebrapa pengembang lain, karena semakit modern nya jaman maka irc melalui hp (ponsel) atau telepon canggih pun mengikuti :) saya juga berpartisipasi dengan ini, saya telah (mengembangkan dari yang ada) aplikasi² untuk handphone java, symbian dan android :) saya memberi nama aplikasi saya dengan "ciutIRC" :)
untuk bisa bertemu saya, silahkan anda ke irc.allnetwork.org -j:#ciut

Tulisan yang banyak dilihat bulan ini